Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 4, No 2 (2022): Oktober 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V MI NURUL HUDA PANGENAN

Qibtiyah, Qifti Mariyatul (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Syamsi, Atikah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Atikoh, Nur (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Aktivitas siswa adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa selama proses pembelajaran, maka apabila aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran pasif maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran IPA materi panas dan perpindahannya dikelas V MI Nurul Huda Pangenan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental design dan desain yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Huda Pangenan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive dengan jumlah 25 siswa kelas V A dan 25 siswa kelas V B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Adapun hasil yang diperoleh: 1) Berdasarkan hasil rekapitulasi observasi penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) termasuk kriteria baik, dan observasi aktivitas siswa pada saat penerapan model pembelajaran TGT termasuk kriteria keaktifan siswa tinggi. 2) Hasil rekapitulasi angket menunjukkan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran TGT adalah baik sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memberi tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT, hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis Mann-Whitney U (Sig. 2- tailed) pada pertemuan 1 0,013 < 0,05, pada pertemuan 2 0,036 < 0,05, dan pada pertemuan 3 0,000 < 0,05 artinya hipotesis Ha yang diajukan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MI Nurul Huda Pangenan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...