Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh media video pembelajaran terhadap kemampuan ranah kognitif siswa kelas IV MI berkaitan dengan sumber energi dan perubahannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimental dan desain nonequivalent control group design. Populasi peteliannya siswa kelas IV MI Al Wahliyah Perbutulan yang berjumlah 106. Sampel yang digunakan  adalah seluruh siswa kelas IV B dengan jumlah 27 siswa dan kelas IV A berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Angket yang diterapkan dalam penelitian berupa skala likert dengan 10 pernyataan, dan tes yang berjumlah 9 soal pilihan ganda dengan kriteria soal terdiri dari 3 tingkatan yaitu, C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), dan C5 (mengevaluasi). Instrumen ini sudah divalidasi menggunakan exspert judgement 2 orang yang ahli dibidangnya. Dalam penelitian ini digunakan test uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sebagai prosedur analisis data, berlandaskan temuan analisis data dengan uji t media video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan kognitif sswa . Hal ini diliihat dari signifikan 0,000 < 0,05.
Copyrights © 2023