Early Childhood Education Development and Studies (ECEDS)
Vol 5 No 2 (2024): November

Peran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menunjang Perkembangan Kognitif Dan Sosial Anak

Astuti, Widi (Unknown)
Triani, Lili (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran PAUD dalam mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan pada masa usia emas, studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui observasi, wawancara, dan kuesioner kepada guru dan orang tua di berbagai lembaga PAUD. Data dianalisis dengan regresi linier berganda untuk melihat pengaruh berbagai variabel, seperti latar belakang sosial-ekonomi, interaksi anak-guru, dan keterlibatan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD berperan signifikan dalam perkembangan kognitif dan sosial anak, terutama melalui kualitas interaksi dengan guru dan pembelajaran berbasis permainan. Keterlibatan orang tua juga memperkuat perkembangan sosial. Temuan ini memperkuat pentingnya PAUD sebagai fondasi dalam pembentukan keterampilan kognitif dan sosial anak, dan memberikan implikasi bagi peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eceds

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Early Childhood Education and Development Studies ECEDS merupakan salah satu jurnal pendidikan anak usia dini yang menerbitkan, artikel penelitian, laporan studi lapangan, laporan studi kasus, kajian pustaka baik sekala lokal, nasional maupun internasional. Artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini ...