Pendidikan karakter memiliki peran sentral dalam mendukung pencapaian tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Peneltian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan karakter dapat berkontribusi dalam membentuk individu yang tidak hanaya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki nilai moral, etika, dan sosial yang kuat, yang diperlukan dalam pembangunan berkelanjutan. Pendidikan karakter mengintegrasikan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan kepedulian sosial ke dalam sistem pendidikan formal, yang dapat mendukung terciptanya masyarakat yang adil, inklusif, dan berkelanjutan. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui studi pustaka, penelitian ini menganalisis relevansi pendidikan karakter dalam mencapai SDGs, khususnya SDG 4 tentang pendidikan berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter memainkan peranan penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, berintegritas, dan berdaya saing global, yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, pendidikan karakater harus terus ditingkatkan dan diintegrasikan dalam kebijakan pendidikan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Kata kunci: Pendidikan Karakter, SDgs, Kualitas
Copyrights © 2024