Penggunaan podcast dalam konteks mata kuliah mendengarkan (listening) telah menjadi perhatian yang semakin mendalam dalam literatur pendidikan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran podcast dalam meningkatkan kemampuan mendengarkan mahasiswa dalam mata kuliah listening. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan survei mahasiswa, analisis konten podcast, dan observasi kelas untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang dampak penggunaan podcast dalam konteks pembelajaran listening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast memberikan manfaat signifikan dalam pengembangan keterampilan mendengarkan mahasiswa, termasuk peningkatan pemahaman mendengarkan, pengembangan kosakata, dan penguatan keterampilan inferensial. Selain itu, temuan juga menyoroti pentingnya variasi dalam konten podcast, penggunaan teknik pembelajaran yang interaktif, dan integrasi podcast dengan aktivitas kelas untuk mendukung pembelajaran yang lebih holistik. Implikasi praktis dan pedagogis dari temuan ini diperdebatkan dalam konteks pengembangan kurikulum dan pendekatan pengajaran yang inovatif. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menyediakan wawasan mendalam tentang efektivitas podcast dalam pembelajaran listening, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap pemahaman kita tentang desain pembelajaran yang berbasis teknologi untuk pengembangan keterampilan berbahasa.
Copyrights © 2024