Terjadi perubahan kurikulum yang digunakan di sekolah yang semula menggunakan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang struktur pembelajarannya terdiri dari dua kegiatan utama: proyek penguatan profil pelajar pancasila, yang mengacu pada standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki siswa, dan pembelajaran intrakurikuler, yang mengacu pada tingkat pembelajaran yang harus dicapai siswa pada setiap mata pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persepsi yang baik tentang kurikulum merdeka yang dapat memberikan pandangan baru dan pengalaman baru dalam proses belajar siswa di kelas, persepsi guru menunjukan pemahamannya tentang kurikulum merdeka bahwa pembelajaran di kelas dengan adanya implementasi kurikulum tersebut pembelajaran yang lebih fleksibel dan pembelajaran di kelas bertujuan salah satunya adalah membentuk karakter siswa dengan nilai-nilai Pancasila. Namun demikian tidak terlepas tantangan dan hambatan dalam implementasinya.
Copyrights © 2024