Komunitas tenun di Kelurahan Kendo-Kota Bima memiliki potensi besar dalam industri kerajinan tekstil tradisional. Namun, komunitas ini menghadapi tantangan mempromosikan dan memasarkan produk tenun secara efektif di era digital. Artikel ini membahas perancangan konten digital dan pelatihan pemanfaatan marketplace sebagai sarana promosi untuk komunitas tenun tersebut. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunitas tenun dalam memanfaatkan platform Shopee untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan meliputi pembuatan konten digital dan pelatihan intensif penggunaan marketplace Shopee. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan antusias yang signifikan terhadap pemanfaatan marketplace Shopee sebagai media promosi komunitas tenun Kendo-Kota Bima. Tindak lanjut terhadap kegiatan ini adalah pendampingan secara berkala dan pembuatan akun Shopee bagi komunitas tenun Kelurahan Kendo. Proyek ini diharapkan memberikan dampak positif jangka panjang terhadap keberlanjutan ekonomi komunitas tenun di Kelurahan Kendo dan dapat menjadi model bagi komunitas serupa di daerah lain
Copyrights © 2025