Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa salah satu wujud generasi yang berkepribadian adalah karakter disiplin. Disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan sikap tertib dan patuh terhadap macam-macam aturan. Guna memperkuat karakter disiplin didasarkan pada alasan bahwa sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang dari norma yang berlaku. Untuk menumbuhkan karakter baik maka disini diperlukan olah pendidikan sehingga dapat melahirkan manusia yang berkarakter baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan beberapa program kegiatan sekolah tersebut semuanya berjalan baik sesuai jadwal, tujuannya adalah memperkuat sikap dan karakter disiplin peserta didik. Manajemen kesiswaan merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan untuk menjalankan suatu usaha yang dikerjakan secara sistematis pada sebuah organisasi yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien, sehingga manajemen kesiswaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan siswa, serta tidak terjadi tumpang tindih dan pemborosan waktu dalam proses manajemen kesiswaan di dalam lingkup sekolah.
Copyrights © 2024