Pelajaran IPA diajarkan kepada siswa sekolah dasar di kelas IV adalah bagian tubuh tumbuhan. Meskipun demikian, hasil laporan terbaru menunjukkan bahwa siswa justru mengalami kendala dalam mempelajari materi tentang bagian tubuh tumbuhan. Eksplorasi ini diharapkan dapat menentukan hasil belajar peserta didik yang meningkat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran wahyu pada bagian tubuh tumbuhan yang merupakan sumber kehidupan (IPA) di SDN 9 Padang Cermin. Penelitian ini melibatkan 22 siswa kelas IV, 10 diantaranya laki-laki dan 12 diantaranya perempuan. Eksplorasi ini menggunakan jenis penelitian kegiatan wali kelas yang diselesaikan dalam dua siklus. Tiap siklusnya dilakukan sebanyak 4 tahap, yaitu penataan, pelaksanaan, persepsi dan refleksi. Data diperoleh yakni hasil belajar peserta didik dengan teknik persepsi dan tes, kemudian informasi tersebut diuraikan secara menarik. Nilai tuntas peserta didik pada pra siklus yaitu 27,27 persen, namun meningkat menjadi 77,27 persen di siklus satu dan kembali menjadi 100 persen di siklus dua. Jadi, penerapan teknik pembelajaran discovery dapat lebih mengembangkan nilai prestasi peserta didik untuk pelajari bagian-bagian tubuh tumbuhan yang merupakan sumber kehidupan (sains).
Copyrights © 2024