SEARCH: Science Education Research
Vol. 3 No. 1 (2024): Oktober 2024

Hubungan Minat Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) terhadap Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran dalam Pemahaman Konsep IPA Mahasiswa

Azizah, Anisa (Unknown)
Afifi, Erwinestri Hanidar Nur (Unknown)
Nisa, Dian Choiru (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) terhadap penggunaan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran dan kaitanannya dengan pemahaman konsep IPA mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 25 mahasiswa semester 6 di Institut Agama Islam Negeri Sorong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara minat penggunaan AR dengan nilai IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (96%) belum memiliki pengalaman dalam menggunakan teknologi AR. Meskipun demikian, minat mahasiswa dalam menggunakan AR sangat tinggi. Analisis korelasi menghasilan koefisien -0,23825, menunjukkan korelasi negative. Hal ini berarti tidak ada hunbunagan yang signifikan terhadap minat penggunaan teknologi AR dengan nilai IPA. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, meskipun tidak ada korelasi yang signifikan terhadap penggunaan teknologi AR dengan nilai IPA, teknologi ini mungkin memiliki keuntungan yang lain yang tidak tercermin dalam nilai pemahaman IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jaser

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu dan tren terkini yang terjadi secara internasional dalam kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam berkaitan dengan pengajaran, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan guru IPA dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan ...