JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 10, No 1 (2024)

Efektivitas Pemodelan Persamaan Struktural Dengan Analisis Komponen Terstruktur Umum Pada Pengaruh Remunerasi Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru

Maisarah, Maisarah (Unknown)
Dur, Sajaratud (Unknown)
Widyasari, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Structural Equation Modeling (SEM) adalah pendekatan statistik multivariat yang merupakan campuran dari analisis faktor dan analisis regresi. SEM memiliki beberapa metode salah satunya adalah GeneralizedStructuredComponentAnalysis (GSCA). GSCA adalah metode SEM berbasis faktor yang sangat penting dan dapat digunakan untuk menghitung skor (bukan skala) dan juga dapat dilakukan untuk sampel yang sangat kecil. Pada penelitian ini, GSCA diaplikasikan pada MTsN Tebing Tinggi, sebab sampel yang dimiliki pada penelitian tersebut berjumlah kurang dari 100. GSCA merupakan solusi dalam penelitian ini, GSCA yang diaplikasikan pada MTsN Tebing Tinggi untuk mengetahui pengaruh remunerasi terhadap motivasi dan kinerja guru MTsN Tebing Tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada seluruh guru di MTsN Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil pengukuran pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari variabel Remunerasi terhadap motivasi kerja dengan koefsien jalur  0,880 sehingga hasil ini merupakan suatu yang signifikan, hal ini dikarenakan nilai p – value<0,05. Demikian halnya padavariabelmotivasiberpengaruhpositif pada variabelkinerjadengankoefisienjalursebesar 1,013 Berdasarkannilaitersebutdapatdinyatakankedua variabel tersebut signifikankarena p – value < 0,05. Oleh karenaitudapatdinyatakanbahwa Guru yang memilikimotivasi yang tinggidapatmemberikankinerja yang baik.Sedangkan pada variabel remunerasi memiliki koefisien jalur -0,065 terhadap kinerja, dan berdasarkan p-value kedua variabel ini memberikanpengaruhnegatif dikarenakannilai p – value > 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...