Salah satu cara untuk mengukur kualitas pelayanan kesehatan adalah kepuasan pasien, kinerja layanan yang diberikan kepada pasien menentukan kualitas layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran rawat jalan di rumah sakit. Penelitian dilakukan pada bulan Februari-Juni 2024 di RSIA X. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan rancangan cross-sectional. Populasi yang digunakan seluruh pasien rawat jalan dengan rata-rata perharinya 100 pasien dan sampel 50 pasien. Cara pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil penelitian ditemukan bahwa, pada dimensi bukti fisik diperoleh hasil 94% menyatakan puas, dimensi ketanggapan 92% menyatakan puas, dimensi kehandalan 74% menyatakan puas, dimensi jaminan 66% menyatakan puas, dimensi empati 76% menyatakan puas. Dengan demikian dimensi bukti fisik memiliki tingkat kepuasan paling tinggi.
Copyrights © 2025