Literasi digital merupakan salah satu kompetensi penting bagi guru, khususnya untuk mendesain aktivitas pembelajaran bagi generasi alpha yang dikenal sebagai native technology. Dengan literasi digital yang memadai, khususnya terkait keterampilan untuk menggunakan teknologi yang tepat dalam pembelajaran, guru dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajarannya. Oleh karena itu, pengetahuan terkait beragam aplikasi digital, termasuk aplikasi evaluasi berbasis gamifikasi, sangat penting bagi para pendidik. Dengan memahami beragam aplikasi evaluasi berbasis gamifikasi, para pendidik dapat memilih aplikasi yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik, karakteristik materi pelajaran, serta kompleksitas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Meskipun saat ini sudah tersedia beragam aplikasi berbasis gamifikasi yang dapat dimanfaatkan dan dapat diakses dengan mudah secara online, masih banyak pendidik di Kabupaten Barru yang belum familiar dengan beragam aplikasi tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu pendidik di Yayasan Pendidikan Al Wahdah Islamiyah Barru, diketahui bahwa aplikasi evaluasi berbasis gamifikasi seperti Quizizz, Blooket, Quizlet, masih tergolong asing bagi para pendidik. Dalam hal ini, mayoritas guru belum pernah memanfaatkan aplikasi tersebut untuk kegiatan evaluasi di dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pendidik di Yayasan Pendidikan Al Wahdah Islamiyah Barru dalam menerapkan evaluasi berbasis gamifikasi dalam pembelajaran. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menguatkan kompetensi literasi digital para pendidik di Yayasan Pendidikan Al Wahdah Islamiyah Barru.
Copyrights © 2024