Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
SEMINAR NASIONAL 2024:PROSIDING EDISI 7

Membuat Presentasi dan Evaluasi Pembelajaran Interaktif untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar

Anwar, Citra Rosalyn (Unknown)
Haling, Abdul (Unknown)
Mawarni, Sella (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Mitra pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SD Negeri Centre Malino Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Kegiatan workshop pembuatan presentasi dan evaluasi pembelajaran interaktif untuk jenjang sekolah dasar dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan: (1) penerapan Kurikulum Merdeka mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran; (2) kebutuhan akan media pembelajaran yang variatif; dan (3) guru dituntut untuk mengembangkan proses pembelajaran yang mendukung prinsip pembelajaran berdiferensiasi sehingga mampu mengoptimalkan potensi siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yakni guru-guru di SDN Centre Malino dapat membuat presentasi dan evaluasi pembelajaran interaktif serta menerapkannya untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa presentasi, diskusi, dan praktik mandiri. Strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat dilaksanakan melalui 3 hal, yakni diferensiasi konten, proses, serta produk. Media presentasi dan evaluasi pembelajaran interaktif dapat digunakan untuk mendukung diferensiasi proses. Diferensiasi proses menekankan pada variasi proses pembelajaran, misalnya menggunakan media presentasi yang komunikatif diikuti dengan penggunaan elemen-elemen multimedia. Evaluasi interaktif dapat dikembangkan menggunakan berbagai aplikasi, seperti wordwall dan quizizz yang memiliki fitur untuk membuat kuis-kuis interaktif dalam berbagai format. Evaluasi interaktif memungkinkan siswa dapat menilai pemahaman mereka serta mendapatkan feedback secara personal. Diferensiasi yang menekankan pada perbedaan preferensi siswa (gaya belajar, minat, dll) perlu didukung dengan ketersediaan media pembelajaran, misalnya dalam format media presentasi dan kuis interaktif yang mampu memberikan variasi pengalaman belajar bagi masing-masing siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

semnaslpm

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari ...