JOIECE: PIAUD-Ku
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Islamic Early Childhood Education (JOIECE): PIAUDKU

Persepsi Masyarakat Mengenai Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembentukan Adab

Salsyabila Gunadi, Alrefah (Unknown)
Wulan Tini (Unknown)
Awaludin, Latief (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Seorang anak berakhlak mulia dapat mengimplementasikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari diantaranya bisa membedakan baik dan yang buruk. Hal tersebut dipengaruhi faktor lingkungan yang mempengaruhi anak, salah satunya lingkungan keluarga yang pertama kali dikenal oleh anak terutama orang tuanya. Sangat logis bila kedua orang tuanya berperan penting dalam membina, dan mendidik akhlak dan adab anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting pembentukan adab di lembaga pendidikan anak usia dini bagi masyarakat di Kelurahan Baleendah. Sehingga dapat memberikan masukan kepada orangtua atau masyarakat bahwa di lembaga PAUD anak dapat membentuk adabnya tersendiri. Penelitian ini mengkaji persepsi masyarakat terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini dalam pembentukan adab pada anak-anak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memahami pandangan masyarakat mengenai peran PAUD dalam membentuk karakter dan perilaku adab anak sejak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara dengan orang tua, pendidik, dan anggota masyarakat yang terlibat dalam pendidikan anak usia dini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masyarakat secara umum memandang PAUD sebagai tahap krusial dalam pembentukan adab, dengan fokus pada pengembangan nilai-nilai moral dan etika melalui interaksi sosial, kurikulum, dan pengajaran. Masyarakat juga menilai pentingnya keterlibatan orang tua dan guru dalam proses pendidikan adab di PAUD. Penelitian ini menyarankan adanya peningkatan kesadaran dan pelatihan mengenai pendidikan adab di PAUD, serta kolaborasi lebih erat antara sekolah, keluarga, dan komunitas untuk mendukung pembelajaran adab. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pembuat kebijakan dan praktisi pendidikan dalam merancang program yang lebih efektif untuk pembentukan adab anak di PAUD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

piaudku

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Library & Information Science Public Health

Description

PIAUD-Ku is a peer-reviewed journal published by faculty of Tarbiyah, Institute of Islamic Studies PERSIS. This journal is issued every May and October. The articles published in PIAUD-Ku can be in English and Indonesian. The scope of the topics include: 1) Child Development, 2)Islamic parenting, 3) ...