Musamus Journal of Public Administration
Vol 7 No 1 (2024): Oktober 2024

Mengukur Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Berthanila, Rethorika (Unknown)
Sukendar, Sukendar (Unknown)
Marthalena, Marthalena (Unknown)
Wulandari, Dyah Ayu (Unknown)
Santi, Endang Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien yang tergabung dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Rumah Sakit Kencana Kota Serang, dengan menggunakan model SERVQUAL yang mencakup lima dimensi: kebisingan, jaminan, daya tanggap, empati, dan keberwujudan ( berwujud). Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan 86 pasien BPJS, dengan analisis yang dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien, dengan dimensi kejelasan menjadi faktor yang paling dominan. Dimensi jaminan dan daya tanggap juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Sementara itu, empati dan keberwujudan menunjukkan pengaruh yang lebih rendah, namun tetap penting dalam membentuk persepsi positif terhadap layanan kesehatan. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen rumah sakit dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan dan kepuasan pasien melalui peningkatan efisiensi layanan, pelatihan staf, dan perbaikan fasilitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fisip

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Focus and Scope Musamus Journal of public administration (MJPA e-ISSN 2622-917X, p-ISSN 2622-6499) is a peer-reviewed journal published by the Department of administration, Faculty of political science, University of Musamus, Merauke, Papua, Indonesia. MJPA is published twice a year (October and ...