Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 9, No 2 (2024): Oktober

KURIKULUM MERDEKA: LANGKAH MENUJU PENDIDIKAN YANG BERFOKUS PADA KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI

Said, khaeruddin (Unknown)
Aqodiah, Aqodiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Tujuan penulisan tulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui berkenaan dengan Kurikulum Merdeka: Langkah Menuju Pendidikan yang Berfokus pada Kreativitas dan Kemandirian di Sekolah Dasar Negeri. Kurikulum Merdeka merupakan reformasi pendidikan di Indonesia yang dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih fleksibel, kreatif, dan mandiri. Melalui pendekatan ini, guru dan sekolah diberi kebebasan dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, memungkinkan proses belajar yang lebih kontekstual dan relevan. Kurikulum ini mengedepankan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) dan integrasi Profil Pelajar Pancasila, yang bertujuan mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, serta kemandirian. Asesmen dalam Kurikulum Merdeka juga lebih holistik, menggantikan Ujian Nasional dengan Asesmen Nasional yang mengukur kompetensi literasi, numerasi, serta karakter siswa. Meski memiliki keunggulan dalam mendorong inovasi pendidikan, tantangan seperti kesiapan guru, kesenjangan infrastruktur, dan perbedaan implementasi di berbagai daerah masih menjadi isu yang perlu diatasi. Dengan dukungan yang tepat, Kurikulum Merdeka berpotensi menciptakan generasi muda yang lebih siap menghadapi tantangan global dan memiliki karakter yang kuat serta keterampilan yang relevan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...