Indonesian journal of teaching and learning
Vol. 3 No. 4 (2024)

Layanan Bimbingan Klasikal Berdiferensiasi sebagai Upaya Pencegahan Perilaku Bullying

Hasanah, Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Peserta didik Boardingschool harus mampu menyesuaikan diri sehingga mereka bisa bertahan sampai lulus. Proses penyesuaian diri tersebut terkadang terhambat oleh faktor eksternal dirinya seperti terjadi bullying, terutama ketika mereka menjadi korban, baik oleh teman seangkatan maupun oleh senior. Tujuan dari layanan bimbingan klasikal ini adalah untuk mencegah perilaku bullying, dan murid memahami apa yang harus dilakukan ketika menjadi korban bullying atau menjadi saksi perilaku bullying. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan Instrumen kuesioner (angket). Hasil kegiatan layanan bimbingan klasikal ini bahwa sebanyak 84 peserta didik dalam kategori sangat baik dalam memahami tujuan layanan bimbingan klasikal. Sebanyak 56 peserta didik kategori sangat baik dan 28 peserta kategori baik dalam memperoleh pengetahuan dan informasi tentang bahaya bullying. Sebanyak 72 peserta didik kategori sangat baik, dan 12 peserta didik kategori baik dalam menyadari pentingnya bersikap tidak melakukan bullying. Sebanyak 68 peserta didik kategori sangat baik dan 16 peserta didik kategori baik dalam berkomitmen diri akan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

intel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL) is a national journal in the fields of: 1. Education 2. Teaching and learning 3. Evaluation 4. Management in formal/non-formal ...