Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 8, No 2 (2024)

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR

Sariyati, Sri (Unknown)
Widayati, Mukti (Unknown)
Nurnaningsih, Nurnaningsih (Unknown)
Ratnaningsih, Rina Iriani Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hambatan, serta usaha guru dalam mengatasi hambatan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada siswa kelas 2 SDN 01 Mojogedang melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan gambar sebagai media yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data berasal dari dokumen, narasumber, serta peristiwa dan tempat. Data yang diambil dari penelitian ini berupa informasi yang ada pada dokumen, hasil observasi saat pembelajaran berlangsung, dan hasil wawancara dari informan. Teknik validitas data berupa triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran keterampilan menulis permulaan melalui model PBL dengan media gambar mampu menumbuhkan siswa lebih terstimulasi untuk mengeluarkan ide dan kreativitas dalam menulis kalimat sederhana dan kata. (2) Pelaksanaan pembelajaran siswa melalui model Problem Based Learning menggunakan media gambar dikatakan berhasil dengan bukti kemampuan menulis siswa meningkat. (3) Hambatan yang dihadapi: siswa kesulitan memilih kata yang sesuai dalam mendeskripsikan gambar dan juga siswa kesulitan menyusun kalimat yang terstruktur dengan SPOK. (4) Usaha guru dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu memberi soal pada siswa yang kurang fokus dan memotivasi, membantu siswa dalam mencari kata yang tepat ketika siswa mengalami kesulitan dan menentukan kata yang tepat dalam penulisannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...