Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pembelajaran literasi Islam di sekolah dasar, serta mengidentifikasi pendekatan yang paling efektif dalam pengajaran literasi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah guru-guru sekolah dasar yang mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berusaha menyelaraskan pembelajaran agama dengan mata pelajaran lain melalui pendekatan tematik, yang memungkinkan siswa untuk memahami relevansi ajaran agama dalam konteks kehidupan sehari-hari. Selain itu, pendekatan ini juga membantu siswa untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap teks-teks keagamaan, seperti Al-Qur'an, melalui murojaah secara bertahap. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap praktik pendidikan dengan menawarkan wawasan baru tentang cara mengintegrasikan literasi agama Islam ke dalam kurikulum yang lebih luas di sekolah dasar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pendidik dalam mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif dan kontekstual. Kata kunci : Kurikulum Integrasi, Literasi Islam, Metode Pembelajaran, Sekolah Dasar
Copyrights © 2024