Jurnal Literasiologi
Vol 12 No 4 (2024): Jurnal Literasiologi

TEORI KONSTRUKTIVISME: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PAI

Nisa, Khoirun (Unknown)
Tiara, Meza (Unknown)
Irama, Debi (Unknown)
Sutarto, Sutarto (Unknown)
Rizal, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui Implementasi teori konstruktivisme melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan berpikir kritis dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: implementasi teori konstruktivisme melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBL) dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar berdampak positif terhadap beberapa aspek pembelajaran siswa dan terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, memperkuat kemandirian dan partisipasi aktif dalam pembelajaran, serta membantu siswa memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...