Jurnal Literasiologi
Vol 12 No 5 (2024): Jurnal Literasiologi

IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT BIN BAZ CURUP

Satrianto, Rizki (Unknown)
Sutarto, Sutarto (Unknown)
Taqiyuddin, Muhammad (Unknown)
Hastuti, Miryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Teori belajar behavioristik menekankan pada perubahan perilaku yang dapat diamati sebagai hasil dari interaksi individu dengan lingkungannya. Dalam konteks pendidikan agama Islam (PAI), penerapan teori ini dapat memberikan manfaat besar dalam membentuk karakter dan moral peserta didik sesuai dengan ajaran Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran PAI di SDIT Bin Baz Curup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan positif, hukuman edukatif, pembiasaan, dan modeling merupakan prinsip utama teori behavioristik yang dapat diadaptasi secara efektif dalam pembelajaran PAI. Namun, pendekatan ini juga memiliki keterbatasan, seperti kurang memperhatikan aspek kognitif dan afektif siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan tambahan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih holistik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...