Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 5 (2024): Vol. 5 No. 5 Tahun 2024

PELATIHAN TATA KELOLA PARIWISATA BERKELANJUTAN DI DESA WISATA SAWARNA

Diena M. Lemy (Universitas Pelita Harapan)
Rudy Pramono (Universitas Pelita Harapan)
Meitolo Hulu (Universitas Pelita Harapan)
Juliana Juliana (Universitas Pelita Harapan)
Ira Brunchilda Hubner (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Pengembangan desa wisata dipercaya merupakan salah satu jalan dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat, di luar mata pencaharian utama. Hal ini sejalan dengan fokus utama pembangunan pariwisata berkelanjutan, dimana kualitas hidup atau kesejahteraan masyarakat menjadi yang utama, selain pelestarian budaya dan lingkungan. Desa Sawarna sudah menjadi desa wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, bahkan sudah masuk dalam 15 besar dalam penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia untuk kategori Berkembang. Keindahan alam pantai yang dimiliki desa ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung. Homestay sebagai salah satu jenis akomodasi, sudah banyak dikembangkan oleh masyarakat lokal Desa Sawarna. Homestay menjadi alternatif tempat menginap bagi wisatawan, yang memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Pengembangan homestay ini sedikit banyak memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Namun demikian masih ada beberapa tantangan yang dihadapi, seperti belum optimalnya koordinasi antar stakeholder, pemasaran yang belum efektif, dan pengelolaan lingkungan yang masih terbatas. Untuk itu, Fakultas Hospitality dan Pariwisata Universitas Pelita Harapan dengan dukungan DRTPM kemendikbud RI, bertujuan untuk melakukan pelatihan Tata Kelola Pariwisata Berkelanjutan, guna meningkatkan pengembangan desa wisata Sawarna yang lebih berkelanjutan, baik secara ekonomi, sosial budaya dan lingkungan. Peserta dari pelatihan ini adalah pemilik homestay. Metode yang dilakukan diawali dengan sosialisasi, pelatihan serta pendampingan dan evaluasi. Hasil dari pelatihan ini sangat positif, masyarakat memahami dan bermaksud menjalankan tata kelola pariwisata berkelanjutan dalam pengelolaan homestay.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...