Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 6 (2024): Vol. 5 No. 6 Tahun 2024

CLASSROOM ACTION RESEARCH MENTORING FOR INSTRUCTORS AT PKBM HARAPAN MANDIRI DEPOK

Supadi Supadi (Universitas Indraprasta PGRI)
Tarmizi Rasul (Universitas Indraprasta PGRI)
Nur Hamidah (Universitas Indraprasta PGRI)
Dalmeri Dalmeri (Universitas Indraprasta PGRI)
Yuyun Nuriah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Pendampingan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi pengajar di PKBM Harapan Mandiri Depok. Peningkatan mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas dan memberikan solusi yang cepat dan tepat. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan metode yang efektif bagi guru untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini, instruktur dipandu melalui empat tahapan PTK: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pendampingan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi instruktur dalam melakukan PTK, sehingga mampu mengatasi permasalahan pembelajaran secara efektif dan berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di PKBM. Hasil pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas instruktur dalam melaksanakan PTK dan pada akhirnya meningkatkan mutu pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...