Kurikulum merdeka berorientasi pada peserta didik memiliki kompetensi sesuai dengan karakteristik dan potensinya. Kompetensi peserta didik yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat, merupakan tantangan dan komitmen sekolah untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat mengembangkan kompetensi peserta didik secara optimal. Guru berperan penting untuk menyusun kontruksi pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik. Asesmen psikomotor merupakan salah satu faktor yang menunjang kebutuhan peserta didik. Asesmen psikomotor merupakan implementasi pembelajaran kognitif yang berkaitan dengan kegiatan fisik. Namun guru dalam melaksanakan asesmen psikomotor masih belum memahami teknik dan instrument psikomotor sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka. Guru belum memahami jenis teknik, instrumen psikomotor. Hasil asesmen psikomotor bersifat subyektif, tidak terukur, dan tidak transparan.Tujuan tim pengabdi melakukan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan pelatihan strategi guru menyusun teknik dan instrumen asesmen psikomotor. Pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 4 Jombang. Metode pengabdian masyarakat adalah pemberdayaan adragogi atau pembelajaran fokus pada orang dewasa melalui pelatihan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil pengabdian Masyarakat berdasarkan hasil angket rata-rata 98% guru menyatakan sangat membutuhkan pelatihan untuk mengatasi masalah dalam asesmen psikomotor, 2% lainnya membutuhkan pelatihan.
Copyrights © 2024