Jurnal Ilmiah Telaah
Vol 10, No 1: January 2025

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT)

Febriani, Indah Cahaizan (Unknown)
Suciati, Mei (Unknown)
winata, Aliahardi (Unknown)
Isnaini, Isnaini (Unknown)
Muttaqin, zedi (Unknown)
Azwar, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penerapan model pembelajaran NHT dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki tantangan tersendiri seperti kesiapan guru dan kebutuhan pelatihan dan pendampingan untuk secara efektif mengintegrasikan prinsip-prinsip NHT ke dalam proses pembelajaran yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada siswa kelas VIII SMP Islam Aswaja Syamsul Falah. Melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan ini mengintegrasikan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan tes hasil buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model NHT secara signifikan merangsang keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan, serta mengembangkan keterampilan sosial yang penting. Model ini berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa meskipun dihadapkan pada tantangan untuk memastikan partisipasi aktif dari semua siswa. Selain itu, penyesuaian metode NHT dengan karakteristik spesifik siswa terbukti meningkatkan efektivitas pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, serta mendukung adaptasi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil ini mengindikasikan bahwa model NHT dapat dianggap sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam mata pelajaran PPKn.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

telaah

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Telaah adalah wadah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Artikel/karya tulis yang dimuat dalam jurnal ini adalah karya tulis hasil penelitian dan hasil ...