Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 2 (2024): Oktober

Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Kelas 1 UPT SPF SD Negeri Tidung

Nawir, Zulyadi (Unknown)
Syawaluddin, Ahmad (Unknown)
Putrawan, Muh Rizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini membahas mengenati apakah kegiatan ice breaking di kelas 1 UPT SPF SD Negeri Tidung dapat meningkatan konsentrasi belajar anak. UPT SPF Negeri Tidung menjadi lokasi penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui tiga metode utama, yaitu dokumentasi, wawancara, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 20 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam satu siklus yang terbagi menjadi dua pertemuan. Kegiatan ice breaking yang dilakukan di UPT SPF SD Negeri Tidung terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi anak. Melalui gerakan koordinasi tubuh dan ekspresi diri seperti bernyanyi dan bertepuk tangan, anak-anak tidak hanya terhibur, tetapi juga melatih motorik dan mengenal emosi mereka. Kegiatan ini juga membantu anak-anak mengatasi kebosanan dan mengendalikan diri, sehingga lebih fokus saat belajar. Hasilnya pun nyata, konsentrasi anak meningkat signifikan dari 40% menjadi 95% setelah melakukan ice breaking. Ini menunjukkan bahwa ice breaking merupakan metode yang baik untuk meningkatkan konsentarsi anak di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...