FKIP e-PROCEEDING
Vol 7 No 1 (2022): Prosiding Webinar Pendidikan Fisika

Evaluasi Pembelajaran Secara Daring yang Memanfaatkan Teknologi di era Society 5.0

Afkarina, Naili (Unknown)
Zahro, Rosa Fahriatuz (Unknown)
Novianti, Rian Dwi (Unknown)
Jannah, Lutfiah Hafifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Teknologi era society 5.0 sekarang sangat berkembang pesat. Dengan adanya teknologi energi positif maupun negative muncul secara bersamaan, khususnya dalam bidang pendidikan yang juga memberikan dampak. Tujuan artikel adalah untuk mengetahui evaluasi yang harus dilakukan pembelajaran di era society 5.0. Teknologi pendidikan sendiri adalah satu bidang dalam memfasilitasi anak didik belajar melalui identifikasi, pengembangan, pengorganisasian, dan pemanfaatan secara sistematis seluruh sumber belajar melalui pengelolaan proses akademik. Adapun peran teknologi society 5.0 dalam dunia pendidikan yaitu sebagai pengganti peran manusia dengan melakukan kegiatan otomasi dan juga memperkuat manusia yaitu menyajikan informasi. Pada pendidikan teknologi sebagai media ajar yang bisa memberi informasi secara lebih luas dan inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang. Kemajuan teknologi dan informasi akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau pembelajaran jarak jauh yang tidak mengharuskan peserta didik dalam satu ruangan berbasis teleconference. Anak didik saat melakukan pembelajaran jarak jauh bisa juga mengeksplore dirinya untuk mengembangkan bakat yang mungkin masih terpendam. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan sering kali tidak memberikan efek yang begitu maksimal terhadap peserta didik karena tidak adanya sosok pendidik yang dirasakan oleh peserta didik secara langsung. Etika para peserta didik saat mereka masih melakukan pembelajaran jarak jauh dianggap kurang dikarenakan pendidik tidak bisa mengontrol dan mengawasi secara langsung serta memberi arahan yang dirasa kurang benar dalam norma yang berlaku saat ini. Kesimpulannya yang adalah ada dampak positif dan negative yang muncul, tergantung peserta didik dalam menyikapi yang lebih tepat, tetapi peserta sebaiknya menyaring informasi yang didapat dan lebih produktif dalam memanfaatkan teknologi di era society 5.0. Kata Kunci: Peserta Didik, Pembelajaran Daring, Etika Peserta Didik

Copyrights © 2022