Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 13 No. 2 (2024)

Pengaruh kecerdasan emosional dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Midanutta’lim Mayangan Jogoroto Jombang

Azizah, Aisyah Nur (Unknown)
Fatimah, Liana Nur (Unknown)
Dzulrochmah, Shafila Alfi Putri (Unknown)
Fu'adi, Yasfian Alfi (Unknown)
Mufarikha, Zahrotul (Unknown)
Fikrati, Ama Noor (Unknown)
Iffah, Jauhara Dian Nurul (Unknown)
Nurwiani, Nurwiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui bagaimana kecerdasan emosional memengaruhi prestasi belajar matematika, (2) mengetahui bagaimana kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika, (3) mengetahui bagaimana kecerdasan emosional dan kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX MTs Midanutta’lim. Penelitian kuantitatif metode korelasional pada penelitian ini menggunakan populasi semua siswa kelas IX MTs Midanutta’lim dan kelas IX-D sebagai sampel penelitian. Adapun instrumen penelitian menggunakan lembar angket kecerdasan emosional dan kedisiplinan. Sebelum digunakan, intrumen ini diuji validitasnya. Hasil Penilaian Tengah Semester matematika digunakan untuk mendapatkan data prestasi belajar. Analisis data dilakukan menggunakan perhitungan regresi linear berganda. Sebagai hasil dari pengolahan data diperoleh (1) kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika, (2) kedisiplinan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matemtaika, dan (3) kecerdasan emosional dan kedisiplinan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Koefisien determinasi yang bernilai 0,162 menginterpretasikan bahwa kecerdasan emosional dan kedisiplinan memengaruhi prestasi belajar matematika kelas IX MTs Midanutta’lim sebesar16,2% sedangkan 83,8% dipengaruhi oleh komponen lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...