Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)
Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS X MAS AL- MUNAWWARAH LOLEOJAYA PADA MATERI IKATAN KIMIA

Ajudin, Nurbani (Unknown)
Sugrah, Nurfatimah (Unknown)
Jayali, Ahmad Muchin (Unknown)
Mustafa, Linda Kurnia (Unknown)
Rakhman, Khusna Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk pengaruh model problem based learnig terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas X Mas Al-munawwarah pada materi ikatan kimia. Jenis penelitian  ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu per eksperimental one gorup pritest-postest ,lembaran angket dan respon siswa dengan jumlah sampel yang digunakan 16 siswa. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengaru model  PBL terhadapa hasil belajar dan motivasi siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan interpretasi normal. Hal ini sesuai dengan hasil uji hipotesis menggunakan SPSS 21,0 dengan uji pired sample t test. Dapat disimpulkan bahwa pengaru model PBL terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi tetapi tidak ada hubungan hasil belajar dan motivasi. diperoleh nilai sign sebesar 0,001 (P) 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. diperoleh mean rank atau rata-rata penigkatannya sebesar 20,06 dengan interpretasi rendah. AbstractStudi This was done with the aim of determining the influence of the problem based learnig model on the learnig outcomes and motivation of class X Mas AL-Munawwarah students on chemical boding material. This type of research is experimental research with a research  desing, namely per experimental one group test-posttest, questionnaire sheets and student responses. with a total sample of 16 students. Based on data analysis, it can be concluded that the influence of the PBL model on student learning outcomes and motivation can improve student learning outcomes with normal interpretation. This is in accordance with the results of hypothesis testing using SPSS 21.0 with the Experimental One Groups test. It can be concluded that the influence of the PBL model on student learning outcomes and motivation can improve learning outcomes and motivation but there is no relationship between learning outcomes and motivation. obtained a sign value of 0.001 (P) 0.05, then Ho is rejected and Ha is accepted. The mean rank or average increase was 20.06 with a low interpretation.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpku

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Unkhair (JPKU) merupakan jurnal peer-reviewed yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Khairun. JPKU terbit 2 kali dalam setahun, yakni Edisi Juni dan Desember. Jurnal ini berisi artikel-artikel ilmiah ...