Salah satu kemampuan dalam 4C (Critical thingking, Communication, Creativity and Colaboration) sebagai bekal menghadapi era abad -21 adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis memungkinkan sesorang untuk bertahan hidup dan melindungi diri. Kemampuan berpikir kritis dapat di tingkatkan dengan memberikan metode tertentu, salah satunya kegiatan Interactive Read Aloud. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh dari Kegiatan Interactive Read Aloud terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 4 - 5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimental, one group pre-test post-test. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Instrumen yang terdapat pada lembar obsservasi terdiri dari indikator kemampuan berpikir kritis anak usia 4 – 5 tahun. Penelitian dilakukan di TK Kartika XII-2 Pancaarga Magelang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kegiatan Interactive Read Aloud terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 4 – 5 tahun. Dengan hasil signifikansi 0,000 0,05 uji Hipotesis menggunakan paired T-Test.
Copyrights © 2024