Pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) telah menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. YouTube menawarkan berbagai konten edukatif yang dapat diakses dengan mudah dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan YouTube dalam proses pembelajaran PAI, terutama dalam aspek penguatan materi dan peningkatan motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pengumpulan data dari berbagai sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran di YouTube mampu menghadirkan materi PAI secara menarik melalui visualisasi yang interaktif. Siswa dapat belajar secara mandiri, mengeksplorasi berbagai sudut pandang, dan mendiskusikan materi dengan lebih aktif. Selain itu, penggunaan YouTube juga membantu guru dalam menyampaikan materi yang kompleks dengan cara yang lebih sederhana dan menarik. Namun, tantangan dalam penggunaan YouTube, seperti pemilihan konten yang sesuai dan kontrol terhadap informasi yang diterima siswa, perlu diperhatikan. Secara keseluruhan, YouTube berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif dalam PAI, mendukung pembelajaran yang lebih dinamis dan menarik bagi generasi digital saat ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran PAI. The use of YouTube media in Islamic Religious Education (PAI) learning has become an effective alternative to improve student understanding. YouTube offers a variety of educational content that can be accessed easily and flexibly. This study aims to analyze the impact of using YouTube in the PAI learning process, especially in terms of material reinforcement and increasing student motivation. The method used is a literature study with data collection from various relevant sources. The results of the study indicate that learning videos on YouTube are able to present PAI material in an interesting way through interactive visualization. Students can learn independently, explore various points of view, and discuss the material more actively. In addition, the use of YouTube also helps teachers in delivering complex material in a simpler and more interesting way. However, challenges in using YouTube, such as selecting appropriate content and controlling the information received by students, need to be considered. Overall, YouTube has the potential to be an effective learning medium in PAI, supporting more dynamic and interesting learning for today's digital generation. This study is expected to provide insight for educators in integrating technology in PAI learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024