Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji permasalahan yang mempengaruhi pengembangan kreativias anak usia dini dalam kegiatan mewarnai. Topik ini menjadi penting karena kreativitas anak dalam mewarnai perlu dipupuk sejak dini sebagai bekal mereka untuk dapat berfikir kritis dan kreatif ketika mengikuti jenjang pendidikan berikutnya. Banyak dari pendidik ataupun orang tua yang kurang memahami pentingnya kegiatan mewarnai pada anak sehingga kegiatan ini dianggap sebelah mata. Padahal melalui kegiatan mewarnai dapat diketahui bahwa anak memiliki kemampuan kreatif dapat dilihat dari bagaimana anak dalam menuangkan ide ataupun imajinasinya secara alami tanpa mendapatkan tekanan dari luar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research, yaitu menggunakan pendekatan analisis kajian pustaka. Penulisan artikel ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat problematika yang disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kreativitas anak dalam kegiatan mewarnai. Pada faktor internal terdapat kesiapan anak dalam belajar dan pengenalan alat, bahan, media dan teknik mewarnai. Sedangkan pada faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari orang tua, lingkungan sekolah, dan juga lingkungan sosial meliputi pemberian motivasi, fasilitas penunjang kreativitas, dan kesempatan untuk eksplorasi yang diberikan kepada anak. The purpose of this writing is to examine the problems that influence the creativity of young children in coloring activities. This topic is important because children's creativity in coloring needs to be nurtured from an early age to equip them to be able to think critically and creatively when attending the next level of education. Many educators or parents do not understand the importance of coloring activities for children, so this activity is underestimated. In fact, through coloring activities, it can be seen that children have creative abilities, which can be seen from how children express their ideas or imagination naturally without pressure from outside. This research uses a library research type of research, namely using a library review analysis approach. Writing this article resulted in the conclusion that there are problems caused by two factors, namely internal and external factors which influence children's creativity in coloring activities. Internal factors include children's readiness to learn and introduction to tools, materials, media and coloring techniques. Meanwhile, external factors are factors that come from parents, the school environment, and also the social environment, including providing motivation, supporting facilities for creativity, and opportunities for exploration given to children.
Copyrights © 2024