Penggunaan alat bantu belajar memiliki peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Alat bantu belajar dapat membangkitkan semangat belajar, sehingga proses mengajar menjadi lebih menarik. Kemajuan teknologi saat ini menjadi faktor penting dalam menciptakan inovasi pembelajaran, terutama alat bantu belajar berbasis multimedia. Alat bantu belajar berbasis multimedia interaktif adalah alat yang menggabungkan teks, animasi, grafik, video, dan suara. Penggunaan alat bantu belajar berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan hasil belajar, tentunya dengan menyesuaikan karakteristik gaya belajar peserta didik yang meliputi visual, pendengaran, dan gerakan. Penelitian ini mengkaji pengembangan media pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash 8 di tingkat sekolah dasar. Media interaktif ini dirancang untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah studi literatur mengindikasi bahwa media pembelajaran interaktif yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dan efektivitas belajar. Hasil uji coba yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar yang signifikan pada peserta didik yang menggunakan media interaktif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, disarankan agar institusi pendidikan menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Indonesia di tingkat dasar. Hasil studi literatur ini menyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran di SD dinilai efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik yang meningkat sesuai dengan karakteristik motivasi peserta didik.
Copyrights © 2024