Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERBASIS MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERINTERAKSI SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS VI DI SD NEGERI 1 TATURA

Moh Fadil (Unknown)
Mohammad Jamhari (Unknown)
Ramayana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Kemampuan berinteraksi sosial siswa merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran, yang berpengaruh terhadap keberhasilan akademik dan pengembangan pribadi siswa. Di kelas VI SD Negeri 1 Tatura, keterampilan berinteraksi sosial siswa masih terbilang rendah, sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Salah satu pendekatan yang potensial adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media permainan kartu Make A Match , yang diharapkan dapat mendorong siswa untuk lebih aktif berkolaborasi dan berkomunikasi dalam proses pembelajaran. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial siswa kelas VI SD Negeri 1 Tatura dalam pembelajaran IPAS melalui penerapan model PBL berbantuan media permainan kartu Make A Match. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kemampuan berinteraksi sosial siswa diukur melalui observasi terhadap lima indikator: percakapan, kerjasama, keterbukaan, empati, dan memberikan dukungan atau motivasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berinteraksi sosial siswa. Rata-rata kemampuan berinteraksi sosial siswa meningkat dari 51% pada prasiklus menjadi 77% pada siklus I, dan mencapai 91% pada siklus II. Peningkatan ini terlihat pada semua indikator, terutama pada aspek percakapan, kerjasama, dan keterbukaan. Kesimpulan: Penerapan model PBL berbantuan media permainan kartu Make A Match terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa. Penggunaan media permainan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi dan kolaborasi, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial yang diperlukan dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Disarankan agar model PBL dan media permainan edukatif ini digunakan secara berkelanjutan dan dikembangkan lebih lanjut dalam pembelajaran di mata pelajaran lainnya untuk memaksimalkan hasil interaksi sosial siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...