Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS – GAMES - TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN BUNYI DI KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI PERISAI KUTACANE

Tri Astuti Mardiana (Unknown)
Maulida Ulfah (Unknown)
Indah Fitria Rahma (Unknown)
Sheila Fitriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin melihat apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe TGT terhadap hasil belajar materi pokok Bunyi pada siswa kelas VIII SMP Negeri Prisai Kutacane Tahun Pembelajaran 2008/2009. Untuk mendapatkan data tersebut diatas, maka populasi adalah semua siswa kelas VIII, sedangkan sebagai sampel diambil sebanyak 40 orang dan dibagi menjadi 2 kelas yaitu 20 orang sebagai kelompok VIIIA yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT dan 20 orang sebagai kelompok VIIIB yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Metode dalam penelitian ini dengan eksperimen. Tes yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk objektif tes sebanyak 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, hasil belajar fisika siswa pada materi pembahasan Bunyi meningkatkan dengan persentase peningkatan yang signifikan sebesar 27,49% dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen 74,2 dan kelas kontrol 58,2. Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran model pembelajaran kooperatif Tipe TGT terhadap hasil belajar pada pokok pembahasan Bunyi dikelas VIII SMP Negeri Perisai Kutacane

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...