Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 PADANG

Amanda Shakira (Unknown)
Mohamad Hafrison (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang sebelum menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang setelah menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi. Ketiga, menjelaskan pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan media video animasi terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttegt design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini hanya satu kelas. Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video animasi berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata- rata 65,44. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang setelah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video animasi berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 84,56. Ketiga, hasil uji hipotesis yang dilakukan thitung > ttabel (9,06 >1,67) pada taraf signifikasi a yaitu 0,05 dan taraf kepercayaan sebesar 95%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Project Based Learning (PjBL) berbantuan media video animasi terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 9 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...