Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah
مجلد 3 عدد 1 (2018): Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah - Juni 2018

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Ahmad Arifai (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum Sakatiga)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2018

Abstract

Faktor terpenting dari seorang guru adalah kepribadiannya. Karena dengan kepribadian itulahseorang guru bisa menjadi seorang pendidik dan pembina bagi anak didiknya atau bahkan malahsebaliknya akan menjadi seorang perusak dan penghancur bagi masa depan anak didiknya.Kepribadian menjadi unsur yang turut menentukan keakraban guru dengan para peserta didiknya.Sebab, kepribadian inilah yang akan tercermin dalam sikap dan perkataan ketika membina danmembimbing anak-anak didiknya.Pendidikan yang dilaksanakan oleh guru dalam proses pembelajaran di sekolah dan masyarakatmemerlukan kompetensi dalam arti luas yaitu standar kemampuan yang diperlukan untukmenggambarkan kualifikasi seseorang baik secara kualitatif maupun kuantitatif dalam melaksanakantugasnya. Kepribadian yang sesungguhnya adalah abstrak,sulit dilihat dan tidak bisa diketahui secaranyata, yang dapat diketahui hanyalah penampilan dari segiluarnya saja misalnya : dalamtindakannya, ucapannya, cara bergaul,berpakaian dan menghadapi persoalan atau masalah baik yangringanatau yang berat. Kepribadian bukanlah sesuatu yang dapat dikenakan ataupun ditanggalkansebagaimana orang mengenakan pakaian ataupun mengikuti gaya model tertentu. Kepribadian adalahtentang pribadi secara keseluruhan, kepribadian adalah sesuatu yang unik pada diri masing-masingindividu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

raudhah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Naskah yang diterima mencakup tema yang sesuai dengan fokus dan scope Jurnal Raudhah : Proud To be Profesional, dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Semua naskah akan melalui proses review sebelum terbit. Focus and Scope: 1.⁠ ⁠Islamic education learning  2. Islamic education teaching  3. ...