Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Analisis Perkembangan Keterampilan 4C Siswa Melalui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Rekayasa Teknologi di Sekolah Dasar

Rosalino, Sabilla (Unknown)
Julia, Julia (Unknown)
Gusrayani, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan hadirnya projek penguatan profil pelajar pancasila. Projek penguatan profil pelajar pancasila bertujuan untuk menumbuhkan karakter bangsa yang di wujudkan pada enam elemen profil pelajar Pancasila yaitu beriman bertakwa dan berakhlak mulia, berkbhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Enam elemen ini juga memperkuat keterampilan 4C yang mulai diterapkan secara bertahap di kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana perkembangan keterampilan 4C siswa melalui implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan penelitian adalah kepala sekolah, guru wali kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan kegiatan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila telah tersusun dan berjalan dengan baik, terdapat kaitan antara projek penguatan profil pelajar pancasila dan keterampilan 4C siswa, dimana dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila keterampilan 4C siswa lebih berkembang dan meningkat. Hal tersebut terlihat dari antusias dan semangat peserta didik saat kegiatan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila. selain itu berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik semakin bertambah dalam mengungkapkan ide dan gagasannya. Semakin baik kerjasama antar peserta didik dalam kelompok. Berkembang kemampuan peserta didik dalam menemukan solusi berkaitan dengan masalah di lingkungan sekitar dan berkembang kreativitas peserta didik melalui pemanfaatan botol bekas sebagai media membuat filter air sederhana dan menghias botol sesuai dengan kreasinya masing-masing. Selain itu angket siswa menunjukkan hasil yang sangat baik ditandai dengan jawaban angket dengan rata-rata jawaban S (Selalu) untuk setiap pernyataan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...