Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 4 (Oktober 2024)

Pengembangan Video Animasi Menggunakan Multimedia dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas V Materi Ekosistem

Pakpahan, Alvin Yunus Christofer (Unknown)
Ali, Enjang Yusup (Unknown)
Ismail, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan masalah yang selalu muncul yaitu media pembelajaran. Selama proses pembelajaran dikelas menggunakan media yang bervariasi dan sering juga digunakan media konvensional. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar dikelas begitu penting digunakan dikarenakan siswa lebih cenderung merasa bosan dan jenuh dalam memahami materi pembelajaran. Dalam hal ini penelitian melakukan sebuah penemuan dan mengembangkan sebuah media pembelajaran yang mampu memberikan peningkatan pemahaman siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak. Pengembangan media pembelajaran adalah sebuah langkah awal dalam menciptakan produk baru. Penelitian ini menggunakan metode desain pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain dari tahapan (R&D) menggunakan 4D dimana dalam tahapan ini ada 4 tahapan yaitu define, design, development dan dessminate. Proses desain 4D adalah proses awal peneliti melakukan analisis kebutuhan sampai menciptakan sebuah produk. Produk yang telah dikembangkan akan diuji kepada tiap para validator materi, bahasa dan media untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran produk yang diciptakan adalah video animasi. Serta hasil yang diperoleh dari uji kelayakan media maka media pembelajaran dapat diberikan pada peserta didik. Kemudian dilakukan hasil uji coba siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui seberapa penting media pembelajaran digunakan dibandingkan media konvensional dengan media video animasi. Dalam hasil penggunaan media pembelajaran video animasi mampu menghasilkan peningkatan pemahaman siswa kelas v dalam materi ekosistem.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...