LKPD yaitu lembaran dokumen yang berisi kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa. Kegiatan pada LKPD ini adalah Permainan Sudoku Kata. Permainan Sudoku Kata adalah permainan menyusun kata supaya dalam 1 baris dan 1 kolom tidak ada kata yang berulang. Permainan Sudoku Kata diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata merupakan produk yang diciptakan dari hasil penelitian ini yang digunakan sebagai bahan ajar di kelas III yang digunakan untuk memperoleh peningkatan kemandirian belajar siswa. Hal ini juga merupakan tujuan dari penelitian ini, menghasilkan suatu produk berupa LKPD. Jenis Penelitian ini adalah RnD dengan model ADDIE yang memiliki tahap analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Angket digunakan sebagai instrument dalam penelitian ini. Ahli media, ahli materi dan ahli Bahasa menilai produk sebagai hasil dari uji validitas produk. Hasil validitas ahli media mendapatkan persentase 91%, ahli materi mendapatkan persentase 100%, dan ahli bahasa mendapatkan persentase 100%. Selanjutnya hasil kelayakan produk LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata didasarkan atas penilaian guru kelas dengan hasil angket respon guru adalah 100% mendapatkan kategori sangat layak. Hasil peningkatan kemandirian belajar siswa terhadap LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata adalah 0,97 dengan kriteria tinggi. Hasil peningkatan kemandirian belajar dihitung menggunakan rumus N-Gain. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Permainan Sudoku Kata dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Copyrights © 2024