Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi metode interaktif dan kolaboratif dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada kelas kecil di Karawang. Pendidikan Tahfidz Al-Qur’an sangat penting dalam pendidikan Islam, namun menghadapi tantangan seperti kurangnya motivasi siswa dan metode pengajaran yang monoton. Metode interaktif dan kolaboratif melibatkan siswa secara aktif melalui diskusi dan aktivitas partisipatif, meningkatkan daya ingat, motivasi, dan kerja sama antar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara dengan guru tahfidz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode interaktif dan kolaboratif secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dibandingkan metode tradisional. Pengajar menerapkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa dan memberikan insentif untuk mempertahankan semangat belajar. Kerja sama antar siswa dalam menghafal Al-Qur’an juga terbukti efektif dalam mengatasi rasa bosan dan meningkatkan motivasi.
Copyrights © 2024