Abstrak Mustofa Food, sebagai penggerak dalam sektor bumbu instan, menerapkan berbagai proses pemasaran, termasuk pemasaran dari mulut ke mulut, di mana konsumen berperan sebagai pemasar. Proyek ini bertujuan untuk melestarikan cita rasa lokal melalui pengembangan desain produk bumbu betutu instan dari Kampoeng Balibon. Meskipun bumbu betutu memiliki nilai budaya yang tinggi, tantangan modernisasi dan perubahan pola konsumsi dapat mengancam keberlanjutan cita rasa tradisional ini. Proyek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi Kampoeng Balibon dan menjaga keberlanjutan budaya kuliner lokal di tengah globalisasi. Kata Kunci: Pengabdian masyarakat, UMKM, Bumbu Instan Abstract Mustofa Food, as a driving force in the instant seasoning sector, implements various marketing processes, including word-of-mouth marketing, where consumers act as marketers. This project aims to preserve local flavors through the development of product designs for instant betutu seasoning from Kampoeng Balibon. Although betutu spices have high cultural value, challenges of modernization and changing consumption patterns threaten the sustainability of this traditional taste. This project is expected to contribute positively to the economy of Kampoeng Balibon and maintain the sustainability of local culinary culture amidst globalization. Keyword: Community Service, MSMEs, Instant Seasoning
Copyrights © 2024