Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap: (1) Pemetaan sumberdaya inovasi (internal, eksternal) untuk Pengembangan UKM Berbasis Inovasi di Kabupaten Semarang, (2) merumuskan strategi pengembangan UKM berbasis inovasi di Kabupaten Semarang. Penelitian dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) atau workshop dengan staff instansi terkait di Kabupaten Semarang, observasi lapangan serta menggunakan data sekunder dari intansi terkait untuk menganalisis peluang dan tantangan berdasarkan situasi global, lokal dan potret kondisi aktual permasalahan kapasitas UKM selama ini. Selanjutnya, analisis strategi model pengembangan UKM Berbasis Inovasi Di Kabupaten Semarang melalui pendekatan analisis SWOT. Hasil kajian menemukan hasil sebagai berikut. Pertama, faktor eksternal kunci dalam pengembangan UKM berbasis inovasi di Kabupaten Semarang meliputi: perkembangan teknologi digital, dukungan pemerintah daerah, dinamika pasar dan intensitas persaingan. Faktor internal kunci yang merupakan kekuatan UKM adalah fleksibilitas dan agilitas, sedangkan faktor internal yang merupakan kelemahan UKM meliputi kapasitas manajemen dan kelemahan UKM dari efisiensi skala ekonomi. Kedua, strategi pengembangan UKM berbasis inovasi di Kabupaten Semarang, meliputi: (1) mendorong UKM untuk go digital dan naik kelas yaitu dengan memanfaatkan teknologi untuk inovasi dalam meningkatkan daya saing melalui efisiensi produksi dan operasional, perluasan pasar, dan praktik manajemen kualitas, (2) ketersediaan akses inovasi terbuka, (3) pengembangan kapasitas inovasi UKM yang terintegrasi dan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024