Jejak: Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Jambi
Vol. 4 No. 2 (2024): Kesejarahan Lokal, Internasional, Serta Pembelajarannya

DAMPAK PENGGUNAAN KAHOOT SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP SIKAP KOMPETITIF SISWA

Negara, Chandra Perwira (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Selama ini evaluasi pembelajaran sejarah cenderung dilakukan secara manual yang menyebabkan beban administrasi guru semakin banyak. Kahoot adalah aplikasi pembelajaran berbasis game yang dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dampak penggunaan Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran sejarah terhadap sikap kompetitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka dengan mencari data di berbagai buku, jurnal dan sumber terpecaya lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Penggunaan Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran sejarah membantu guru dalam melihat kemampuan siswa secara langsung (2) Penggunaan Kahoot sebagai evaluasi pembelajaran sejarah berdampak pada sikap kompetitif siswa, karena memungkinkan siswa bersaing dalam menjawab soal dengan cepat dan benar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jejak

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Sejarah dan Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi yang berkerja sama dengan Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI). Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian asli, artikel konseptual, artikel review dan studi kasus. Fokus dan Cakupan ...