Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Pengaruh model PBL (Problem based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 2 Peneda Gandor

Nikmaturrohmah, Nikmaturrohmah (Unknown)
Istianingsih, Siti (Unknown)
Syazali, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 2 Peneda Gandor tahun ajaran 2023 / 2024. Metode pendekatan yang di gunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design. Rata-rata nilai petest kelas eksperimen sebesar 67,50 dan nilai rata-rata psttest mengalami kenaiakan yang signifikan yaitu 83,50. Adapun kelas kontrol memiliki nilai pretest sebesar 69,25 dan nilai postrest mengalami kenaikan yaitu 71,75. Teknik analisis data di lakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homohenitas,uji hipotesis, uji n-gain, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 26 for windows diproleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 yang dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model PBL memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 2 Peneda Gandor

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...