Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Komponen CASEL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X.11 SMA Negeri 1 Mataram

Olivia, Riani (Unknown)
Arjudin, Arjudin (Unknown)
Rumansyah, Rumansyah (Unknown)
Hasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi statistika melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan komponen CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) di kelas X.11 SMAN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa dari pra-siklus hingga siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 80,162 pada pra-siklus menjadi 84,594 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat dari 54,054% pada pra-siklus menjadi 94,594% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan PBL dengan integrasi CASEL tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga dalam mengembangkan keterampilan sosial dan emosional yang penting. Kesimpulannya, model PBL yang diintegrasikan dengan CASEL dapat meningkatan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...