Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Budaya Sasak Untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Halimatussakdiah (Unknown)
Azalia Rizkini Pratiwi (Unknown)
Rabiatu Adawiyah (Unknown)
Mertina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis kearifan lokal sasak untuk anak pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di TK Pembina Ampenan pada semester I tahun pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 16 anak.Objek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru yang ada di sekolah TK Negeri Pembinan Ampenan. Produk hasil pengembangan berupa media interaktif berbasis budaya sasak telah dinilai dan divalidasi oleh validator media, validator materi, dan guru di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket lembar validasi. Instrumen penelitian berupa angket validasi oleh para ahli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis kearifan lokal untuk anak paud ini mendapatkan presentase rata-rata 91% dengan kategori layak digunakandari ahli media dan materi. Hasil penelitian pada tahap I sebanyak 62,44% dengan kategori mulai berkembang, tahap II sebanyak 77,86% dengan kategori berkembang sesuai harapan, dan tahap III sebanyak 89,55% dengan kategori berkembang sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media interaktif berbasis kearifan lokal ini dapat menambah pengetahuan, pemahaman anak tentang kearifan lokal sasak serta diharapkan dengan adanya media ini kecintaan anak-anak terhadap budaya lokal semakin meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...