Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
Vol. 6 No. 1 (2025): Februari

Efektifitas Kepemimpinan Enterpneurship Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMKN 7 Mataram

Kaswadi, Kaswadi (Unknown)
Citriadin, Yudin (Unknown)
Khalqi, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif kepemimpinan entrepreneurship dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 7 Mataram. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan studi kasus kualitatif di SMKN 7 Mataram. Kepemimpinan entrepreneurial adalah gaya kepemimpinan yang ditandai dengan inovasi, visi yang jelas, pengambilan risiko, dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Ini sangat relevan dalam lingkungan pendidikan kejuruan yang dinamis seperti SMK. Data dikumpulkan melalui observasi praktik kepemimpinan yang diterapkan dan wawancara menyeluruh dengan kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan entrepreneurial dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membuat kurikulum berbasis industri, meningkatkan kemampuan guru, dan menyediakan lingkungan belajar yang lebih kreatif. Selain itu, pendekatan kepemimpinan yang berbasis kewirausahaan memiliki kemampuan untuk mendorong kerja sama dengan pihak industri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GeoScienceEdu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceEd Journal): |e-ISSN: 2723-2913, p-ISSN: 2723-2905| diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun (Peride Juni dan Desember) dan dimulai pada bulan Juni 2020 oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram. Artikel dapat diterima ...