As Sibyan : Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar
Vol 7 No 2 (2024): As Sibyan: Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Dasar

PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN BERPETAK MATERI LUAS DAN KELILING PERSEGI

Mohi, Nur Afni (Unknown)
Kalaka, Febry Rizki Susanti (Unknown)
Djafar, Fatimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Muhammadiyah 4 Limboto. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui alat peraga ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan dua siklus pembelajaran, masing-masing terdiri dari empat tahap: persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan peninjauan. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai peneliti dan dibantu oleh seorang instruktur matematika sebagai pengamat. Penelitian ini melibatkan 15 siswa kelas III, terdiri dari tujuh laki-laki dan tujuh perempuan. Data dikumpulkan melalui eksperimen, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif. Sebelum intervensi, rata-rata persentase hasil belajar adalah 26%, meningkat menjadi 40% pada siklus I, dan mencapai 86% pada siklus II. Papan catur terbukti efektif, dengan tingkat keberhasilan 75%, dalam meningkatkan hasil belajar matematika di kelas tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

As_Sibyan

Publisher

Subject

Education

Description

As Sibyan is published by PGMI STAINU Purworejo twice a year in July and December. The focus and scope for the paper are Primary School Curriculum Design, Learning Material (Math, Social Studies, Science, Civic Education, Bahasa, Islamic Education (Aqidah, SKI, Fiqh, Al-Qur’an, Hadist, Arab ...