untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SD Muhammadiyah 4 Limboto. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui alat peraga ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang melibatkan dua siklus pembelajaran, masing-masing terdiri dari empat tahap: persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan peninjauan. Dalam penelitian ini, guru bertindak sebagai peneliti dan dibantu oleh seorang instruktur matematika sebagai pengamat. Penelitian ini melibatkan 15 siswa kelas III, terdiri dari tujuh laki-laki dan tujuh perempuan. Data dikumpulkan melalui eksperimen, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif. Sebelum intervensi, rata-rata persentase hasil belajar adalah 26%, meningkat menjadi 40% pada siklus I, dan mencapai 86% pada siklus II. Papan catur terbukti efektif, dengan tingkat keberhasilan 75%, dalam meningkatkan hasil belajar matematika di kelas tersebut.
Copyrights © 2024